UNIT 4
ETIKA DALAM
KANTOR
Beberapa Saran
Handphone
1. Gunakan fitur
alarm getar Anda
2. Menerima
telpon di restoran tidak masalah, tetapi itu tidak bagus jika itu akan
menganggu yang lain. Minta ijinlah dan pergi ke tempat yang tidak akan
mengganggu orang lain.
3. Kurangi volume
bicara Anda. Orang-orang cenderung untuk berbicara lebih keras daripada yang
diperlukan pada telepon selular.
4. Ketika dalam
sebuah pertemuan atau di tempat umum, yang terbaik adalah memiliki surat suara
yang telah diset untuk menerima panggilan Anda - kecuali Anda mempunyai
panggilan penting (kemudian anda menggunakan alarm Anda bergetar).
5. Jangan pernah
menerima telepon di sebuah pertemuan umum seperti teater atau masjid
6. Gunakan
peralatan “hands-free” untuk melakukan dan menerima panggilan saat mengemudi.
Hentikan mobil untuk melakukan panggilan jika memungkinkan.
Etika berkantor
yang harus dilakukan dan jangan dilakukan
Yang harus
dilakukan :
• Katakan selamat
pagi
• Ucapkan terima
kasih
• Minta tolong
• Suka menolong
• Ramah
• Bersikap sopan
• Mencari bantuan
jika masalah
• Berpakaian
secara profesional
• Minta izin saat
memasuki spasi rekan kerja atau bilik
• Tunjukkan rasa
menghormati
• Kendalikan
emosi anda
• Memiliki rasa
humor
• Bersikap sopan
dan tunjukkan rasa hormat kepada orang lain
• Ambil respon
untuk kesalahan anda
• Suka membantu,
menanyakan apakah perlu bantuan
Yang jangan
dilakukan :
• Bicara kasar
• Terlalu percaya
diri
• Fitnah
• Gosip
• Ketus kepada
pelanggan
•
Menjelek-jelekkan perusahaan
• Membawa
kehidupan pribadi Anda ke pekerjaan
• Istirahat atau
makan siang lama
• Berkata itu
bukan pekerjaan saya
• Menyela orang
lain
• Bercinta di
kantor
• Menggunakan
obat-obatan atau alkohol di tempat kerja
• Menggunakan
pakaian yang provokatif
• Menjadi
pengeluh yang parah
Menerima
Panggilan masuk
• Senyum. Akan
betul-betul terlihat
• Berdiri ketika
Anda ingin memberikan suara Anda lebih tinggi
• Selalu menjawab
dengan nama perusahaan atau bisnis Anda. Jika kantor seseorang, Anda dapat
menggunakan namanya. “Selamat pagi, kantor Mr. Smith. Ini Mr. Jones.”
• Bolehkah saya langsung
memanggil anda? Jangan pernah katakan "Hallo?"
• Angkatlah
telepon sebelum dering ketiga
• Jangan
"melawan" dengan panggilan kasar atau menjengkelkan. Misi Anda adalah
untuk menyelesaikan setiap konflik secara damai
• Katakan dengan
jelas. Berbicara dengan gaya pidato akan membuat pendengar lebih sulit untuk
menerima apa yang Anda katakan.
• Alihkan telpon
hanya jika Anda yakin kalau orang yang Anda limpahi dapat membantu mereka
• Jangan
mengalihkan telpon tanpa memberitahu mereka bahwa Anda akan mengalihkan telpon
anda. Cara terbaik adalah menanyakan apakah anda boleh mengalihkan telponnya.
Dan selalu memberitahu mereka kepada siapa mereka dialihkan.
Jika harus
menunggu, "setidaknya" sekali dalam 1 menit, sebaiknya setiap 30
detik, untuk membiarkan pemanggil tahu apa yang terjadi. Tawarkan untuk
memanggil mereka kembali sehingga mereka tidak perlu menunggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar